-->

Toilet Umum Paling Top di Dunia Kamu Bakal Betah di Dalamnya

Salah satu fasilitas yg harus ada di setiap destinasi traveling merupakan toilet. Tetapi tidak seluruh destinasi mempunyai fasilitas ini atau jika pun terdapat kondisinya sangat memprihatinkan sampai-hingga traveler enggan buat menggunakannya & lebih memilih mencari toilet lain atau menahan asa buang air. Pun demikian di dunia ini masih ada toilet generik yg sangat nyaman digunakan dan memiliki desain yang menarik. Dimana saja kita sanggup menemukan toilet-toilet keren ini?

Bagi traveler menemukan toilet umum yang bersih dan nyaman merupakan sebuah laba sendiri. Layaknya bermain judi, butuh keberuntungan buat menemukan toilet yg misalnya itu. Tetapi hampir dipastikan traveler akan menemukan toilet umum yg top jika berkunjung ke loka-loka ini. Dilansir Travelingyuk menurut situs Design Curial, inilah hitung mundur toilet umum terbaik di dunia tahun 2015.

10. Centennial Park Amenities, Sydney

Kalau kamu sedang berlibur pada Sydney jangan lupa buat mengunjungi kawasan Centennial Park. Di taman ini akan dijumpai sebuah toilet keren & masuk dalam peringkat kesepuluh terbaik di global. Awalnya traveler nir akan mengenali bangunan toilet ini karena desainnya lebih seperti sebagai cottage mini ketimbang toilet.

source]
Bangunan misalnya cottage akan eksklusif terlihat menggunakan jelas dari kejauhan dan itulah toilet generik yg sedang kita bahas ini. Desain toilet keren ini dikerjakan sang Lahz Nimmo Architechs dengan konsep ramah lingkungan. Sebagai bukti, desainer tidak menempatkan cermin di depan wastafel. Sebagai gantinya pemandangan terbuka berupa taman yg hijau menjadi suguhan apik bagi pengguna toilet ini.

9. Uster, Swiss

Sepintas bentuk berdasarkan toilet di tepi jalan kota Uster, Swiss ini terlihat seperti ketupat. Bentuknya kotak dengan kombinasi warna kuning & hijau. Inilah toilet kece yang dimiliki Swiss yang membuatnya menempati peringkat ke-9 dunia menjadi toilet terbaik tahun 2015.

source]
Bentuk kotak yg mudah terlihat unik dengan detil dinding berwarna hijau cerah berbentuk kotak-kota misalnya sisik ikan. Pada mulanya toilet generik ini adalah model awal infrstruktur terkini pada kota Uster. Material penyusunnya berupa lempengan aluminium yg terbagi sebagai dua bilik. Untuk menggunakan toilet ini seorang wajib memasukkan koin terlebih dahulu.

8. The Tokinokura Lavatories Shimodate, Jepang

The Tokinokura Lavatories Shimodate merupakan toilet terbaik di dunia berikutnya yang bertengger pada posisi delapan. Toilet ini mampu traveler temukan pada Kota Chikusei, Jepang. Ada alasan mendasar mengapa toilet ini masuk pada jajaran terbaik.

source]
Alasan paling utama adalah bentuk apresiasi buat sang desainer, Shuichiro Yoshida Architects yg berhasil membuat penemuan berupa toilet yang nyaman & higienis pada sebuah gang sempit yg hanya berukuran sembilan meter persegi. Sebagai pencahayaan dipasanglah suatu panel kaca pada bagian atap. Toilet ini bentuknya ramping dan memanjang menggunakan cat warna hitam.

7. Trail Restroom, Texas, Amerika Serikat

Berada di ujung sungai Colorado, Trail Restroom sebagai galat satu toilet yang menyabet gelar terbaik selama 2 tahun berturut-turut. Hal ini ditimbulkan oleh desainnya yg unik dan ruangannya yang nyaman digunakan. Secara administratif, toilet ini berada pada wilayah Kota Austin, Texas, Amerika Serikat.

source]
Desainer pada balik kerennya Trail Restroom adalah Miro Rivera Architects. Penampakan bangunannya terlihat begitu menyatu dengan alam. Material penyusunnya bahkan tidak asal dari batu bata ataupun beton melainkan menggunakan lempengan besi yang dicat cokelat seperti potongan kayu.

6. Wembley WCS, Inggris

Namanya Wembley WCS, akan tetapi ini bukanlah stadion sepakbola kebanggaan tim nasional Inggris melainkan sebuah toilet generik yang berada di tepian jalanan London. Toilet ini berada sempurna pada area pejalan kaki di tempat Wembley, London Utara.

source]
Menariknya sang desainer, Gort Scott menyematkan rona emas pada bangunan toilet ini yg membuatnya tampak anggun menggunakan kesan glamor. Traveler yg kebetulan sedang berjalan-jalan pada daerah ini tentu akan tertarik buat memakai toilet yang berdasarkan versi Design Curial menempatkannya di posisi enam terbaik global.

lima. UriLift, Inggris & Belanda

Dari sekian daftar toilet terbaik di dunia mungkin UriLift menjadi keliru satu toilet menggunakan desain futuristik yg paling keren. Bagaimana tidak, toilet ini tidak menempati ruang terbuka secara tetap namun dirancang portabel yg hanya akan keluar jika hendak dipakai.

source]
Model toilet seperti ini tengah diaplikasikan pada beberapa kota besar pada Eropa termasuk London & Amsterdam. Desain bangunan toilet ini berbentuk bundar yg memiliki teknologi seperti lift yang bisa naik turun. Apabila terdapat orang yang akan memakai tinggal memasukkan koin & perlahan toilet ini akan muncul ke permukaan dari pada area pejalan kaki. Keren!

4. L’Uritonnoir Sustainable Toilet, Prancis

Lain cerita menggunakan toilet generik di Prancis. Toilet yang menempati peringkat empat terbaik pada global ini nir memiliki bangunan tetap menggunakan dinding tertutup. Bentuknya hanya berupa gulungan jerami dan diletakkan pada tempat terbuka.

source]
Toilet desainan dari L’Uritonnoir ini dibikin ramah lingkungan dan hanya dikhususkan buat pria saja. Air seni yang ditampung dalam gulungan jerami ini dalam kurun waktu 6 bulan akan berubah sebagai kompos yang sanggup dimanfaatkan sebagai pupuk organik.

3. Kumutoto, New Zealand

Traveler yg berlibur pada Wellington, Selandia Baru niscaya akan tertarik menggunakan kehadiran suatu bangunan unik berbentuk seperti dinosaurus tanpa ketua berwarna merah dan putih. Siapa sangka jika bangunan unik dan nyentrik tadi hanyalah toilet generik.

Instagram

Adalah Kumutoto, toilet buatan Studio Pacific Architecture sebagai sebuah landmark unik pada kota Wellington. Ide pembuatan toilet umum dengan bentuk unik ini bermula menurut impian pengembang buat menyebarkan wahana yg mengakomodasi keinginan traveler buang air mini namun juga membuat bangunan yang ikonik hingga akhirnya terciptalah toilet unik ini.

dua. Transparent Toilet, Swiss

Jika kota Uster pada Swiss punya toilet seperti ketupat berwarna hijau maka Lausanne memiliki toilet keren lainnya yang menduduki peringkat 2 terbaik di dunia. Toilet ini dikenal menggunakan nama toilet transparan. Ya, toilet ini memiliki dinding kaca yg transparan.

source]
Tapi jangan khawatir, kaca transparan ini hanya terlihat bila syarat toilet sedang kosong. Sedangkan saat terdapat orang pada dalamnya maka kaca akan secara otomatis berubah menjadi gelap & menutupi segala aktivitas pada dalamnya. Model toilet buatan Oliview Lambert of Oloom pernah memenangkan RSA Competition di tahun 2002.

1. Stegastein Lookout, Norwegia

Toilet terbaik tahun 2015 di peringkat pertama disandang sang Stegastein Lookout pada Norwegia. Tidak hanya nyaman & bersih ketika digunakan, toilet ini juga dibangun pada tempat dengan pemandangan alam yg luar biasa indah.

source]
Tidak seperti toilet umum yg berada pada pinggir jalan, Stegastein Lookout dibangun pada atas bukit menggunakan pemandangan super keren. Jadi tidak heran bila traveler yang berada pada Stegastein, Aurland, Nowegia banyak yg mampir ke toilet bikinan Saunders & Wilhelmsen baik buat buang air mini atau sekedar menyaksikan pemandangan berdasarkan toilet ini. Wow!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter