-->

Hutan Mangrove Pancer Cengkrong Asyik Untuk Rekreasi MURAH MERIAH

Jarang sekali ditemukan suatu loka wisata yg tidak hanya menunjukkan hiburan namun jua memiliki misi edukasi. Tapi bukan berarti nir terdapat, cobalah buat berkunjung ke Kawasan Wisata Hutan Mangrove Pancer Cengkrong yang terletak pada Kabupaten Trenggalek. Tempat ini adalah daerah konservasi pohon bakau yang sekaligus dipadukan buat kepentingan pariwisata.

Tidak sulit buat menemukan lokasi Hutan Mangrove Pancer Cengkrong. Dari arah mana saja, traveler hanya perlu mengambil rute menuju kecamatan Watu Limo. Dari sana akan terdapat poly petunjuk yg mengarahkan ke Pantai Cengkrongan dan Damas. Ikuti saja petunjuk tadi & loka keren ini akan ditemukan. Lebih lengkap hutan bakau ini beralamat pada Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur.

Papan pemberitahuan sebelum berkeliling jembatan galau, @ardhaniaji
Papan pemberitahuan sebelum berkeliling jembatan bingung, @ardhaniaji

Hutan mangrove bukan satu-satunya suguhan yg dapat dinikmati pengunjung saat berada pada sana. Sebelum meniti Jembatan Galau, nama sebuah jembatan yg dibentuk untuk mengelilingi hutan bakau, traveler terlebih dahulu dapat mengenal beberapa satwa yg berada pada dekat area parkir tunggangan.

Di pada sangkar masih ada beberapa landak dengan berukuran yang besar . Traveler sanggup melihatnya di samping kiri dari gepura masuk ke daerah hutan bakau. Di sebelahnya juga ada musang atau luwak yang populer karena digunakan untuk memproduksi kopi luwak. Satwan lainnya merupakan ular dan penyu yang ditaruh didalam akuarium.

Binatang Landak salah satu koleksi binatang di kawasan wisata Pancer Cengkrong, foto by Alfri
Binatang Landak galat satu koleksi binatang di daerah wisata Pancer Cengkrong, foto by Alfri

Selain satwa yg terdapat pada pada kandang, ada pula yang dilepaskan secara bebas, misalnya kera dan jua burung merpati. Menariknya hewan-hewan ini cukup familiar dengan kehadiran insan sehingga nir takut jika berinteraksi menggunakan pengunjung. Setelah itu barulah traveler sanggup berkeliling hutan bakau via Jembatan Galau.

Binatang Luwak juga bisa dilihat di tempat wisata ini, foto by Alfri
Binatang Luwak juga bisa dicermati di loka wisata ini, foto by Alfri

Ekowisata Mangrove Cengkrong sebetulnya merupakan kawasan konservasi pohon bakau. Di sana terdapat beberapa jenis yang dikembangbiakkan seperti pohon bakau dari spesies Xyrocarpus sp, Burguera gimnorhiza & Ceriops Decandra. Setiap grup pohon bakau yang tidak sama jenis diberi papan nama yang menerangkan jenis pohon tadi.

Berfoto di jembatan galau dengan pemandangan hutan bakau dari spesies Ceriops Decandra di kanan kiri, foto by @antontri
Berfoto pada jembatan galau dengan pemandangan hutan bakau dari spesies Ceriops Decandra pada kanan kiri, foto by @antontri

Area hutan bakau ini sangat luas, relatif lelah pula jika mengelilinginya sekali jalan. Untuk itu dibangunlah gazebo pada sudut-sudut jembatan yg berfungsi menjadi loka istirahat para pengunjung. Yuk mengunjungi hutan Mangrove Pancer Cengkrong, selain menyenangkan engkau jua sanggup belajar mengenai jenis & ekosistem berdasarkan hutan mangrove lho!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter