-->

10 Destinasi Wisata di Probolinggo yang Membuatmu Nggak Ingin Pulang

Mengupas potensi wisata pada Jawa Timur memang tidak pernah ada habisnya. Setiap kabupaten & kota pada provinsi paling timur pulau Jawa ini menyumbangkan spot-spot keren yg mensugesti wisatawan buat tiba berkunjung. Pilihannya pun relatif lengkap, dari jenis wisata gunung sampai laut seluruh tersedia. Kali ini giliran Probolinggo yg akan unjuk gigi memamerkan kekayaan alamnya yang layak buat kemu kunjungi.

Kita mengenal Probolinggo menjadi wilayah yang secara administratif terbagi ke dalam bentuk kota dan kabupaten. Pun demikian jika membicarakan kasus pariwisata, kita nir sanggup memilah-milah antara keduanya. Pariwisata baik pada kota maupun kabupaten Probolinggo merupakan satu-kesatuan yg nir terpisahkan. Lantas wisata apa saja yg ada pada sana? Berikut Travelingyuk ulas buat engkau .

1. Menyaksikan Dengan Mata Kepala Sendiri Penampakan Hiu Paus pada Pantai Bentar

Sisi utara Probolinggo dibatasi oleh selat Madura sehingga poly pantai berombak hening pada wilayah ini. Salah satu yg menjadi andalah wisata kabupaten ini adalah Pantai Bentar. Menemukan pantai ini tidaklah sulit lantaran posisinya berada di tepi jalan raya Surabaya-Banyuwangi pada Kecamatan Gending. Sebagai andalan wisata, pantai ini telah dilengkapi banyak sekali fasilitas pendukung yg memudahkan traveler yg berkunjung.

Instagram

View paling menawan berdasarkan pantai ini mampu kamu dapatkan apabila berjalan di anjungan tepi pantai yang terbuat menurut kayu layaknya pelabuhan tradisional. Dari sana hutan mangrove dan Gunung Argopuro tampak terlihat cantik berdasarkan kejauhan. Atraksi menarik bisa engkau dapatkan apabila berkunjung antara bulan Januari hingga Maret dimana akan ada penampakan hiu paus yang bermigrasi melintasi perairan ini.

2. Eksotisme Golden Sunrise Gunung Bromo Juga Bisa Disaksikan Dari Probolinggo

Tak lengkap jikalau ke Probolinggo tapi nir mampir ke Gunung Bromo melihat Golden Sunrise. Lho, bukannya gunung ini ada di Malang? Jadi begini guys, daerah Gunung Bromo itu melingkupi empat kabupaten sekaligus, mereka merupakan Malang, Lumajang, Pasuruan dan Probolinggo. Jadi jika kamu sedang berada di empat wilayah ini semuanya menawarkan pemandangan latif gunung yang terkenal dengan suku Tenggernya ini.

Instagram

Spot yg mampu engkau datangi buat melihat sunrise pada Probolinggo yaitu di Bukit Penanjakan kemudian kamu mampu menyusuri samudera pasir pada bawahnya buat melihat Bromo berdasarkan dekat. Gunung ini sang masyarakat Tengger dipercaya menjadi gunung kudus sehingga setiap setahun sekali selalu diadakan ritual persembahan yang kita kenal menggunakan nama Yadnya Kasada.

tiga. Menyusuri Hutan Bakau Yang Asri pada Pesisir Selat Madura

Tidak jauh menurut pusat Kota Probolinggo kamu sanggup menemukan tempat nongkrong yang asyik. Adalah Bee Jay Mangrove Resort atau lebih dikenal dengan singkatan BJBR, sebuah tempat hutan bakau dengan jembatan papan kayu untuk berkeliling dan jajaran resor pada sekitarnya. Kawasan ini jua menjadi salah satu andalan pariwisata di kota Probolinggo.

Instagram

Aktivitas yang mampu dilakukan di sana antara lain jalan-jalan pada jembatan kayu mengelilingi hutan bakau yg tumbuh fertile, nongkrong pada kafe sisi pantai dan menyaksikan indahnya selat Madura apalagi kamu datang saat malam, hiasan lampu warna-warni akan semakin mempercantik tampilan di daerah ini.

4. Probolinggo Punya Miniatur Pulau Madura, Kamu Wajib Mengunjunginya

Traveling di Probolinggo kamu sanggup mencicipi sekaligus jalan-jalan di Pulau Madura. Kog bisa? Di sana terdapat pulau kecil yang berada di lepas pantai Selat Madura tepatnya terpisah jeda 8 km berdasarkan bibir pantai Probolinggo, pulau tadi dinamakan Gili Ketapang.

Instagram

Namanya saja sama menggunakan keliru satu daerah pada Pulau Madura, lebih jauh dominan penduduk yg tinggal di sana merupakan orang Madura. Lengkap telah suasana kota sate yang engkau rasakan di pulau ini, lantas tidak heran jika orang-orang menyebutnya sebagai Miniatur Pulau Madura. Untuk menjangkau pulau ini kamu bisa menyewa perahu nelayan dan berlayar selama 40 mnt. Pantai berpasir putih & air jernih yang hening pas buat engkau jadikan spot snorkeling.

lima. Ke Probolinggo Kurang Lengkap Jika Tidak Mengunjung Air Terjun Tertinggi pada Pulau Jawa

Di kabupaten ini kamu akan menemukan salah satu air terjun terindah di Indonesia sekaligus menjadi yang tertinggi di Pulau Jawa yaitu Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini berada pada desa Negororejo, kecamatan Lumbang, kabupaten Probolinggo yg masih masuk pada kawasan Taman nasional Bromo Tengger Semeru.

Instagram

Masyarakat Tengger sendiri jua mengeramatkan kawasan yang diduga menjadi loka semedi Patih Gadjah Mada buat terakhir kalinya. Air terjun Madakaripura memiliki tinggi 200 meter dan dilingkupi tebing-tebing yg menjulang. Wisatawan yang berada di dasar air terjun ini akan merasakan segarnya cipratan air yg jatuh berdasarkan zenit.

6. Ingin Wisata Adrenalin? Ada, Ikut Saja Arung Jeram pada Sungai Pekalen

Ada satu pilihan wisata yg dijamin akan menguras adrenalinmu di Probolinggo. Kamu yg ngaku menjadi pecinta tantangan sanggup datang ke Sungai Pekalen yang masuk pada tiga kecamatan, yaitu Tiris, Maron & Gading. Di spot ini traveler akan ditantang buat menakhlukkan derasnya arus sungai menggunakan menggunakan perahu karet atau kita mengenalnya menggunakan nama Arung Jeram.

Instagram

Sungai Pekalen bisa traveler jangkau menggunakan perjalanan darat selama kurang berdasarkan 1/2 jam berdasarkan pusat kota. Jaraknya hanya 25 kilometer saja. Sungai yg digunakan menjadi spot arung jeram memanjang sejauh 29 kilometer yg mengklaim adrenalinmu terkuras habis. Kesulitan arung jeram pada sungai Pekalen ini berada pada level 3 yg sangat menantang tapi cukup aman buat pemula sekalipun karena mereka akan dibekali perlengkapan keselamatan yg memadai. Belum lagi estetika sepanjang rute yg berupa formasi antara ngarai, gua dan air terjun membuatmu lupa akan kegananasan jeram sungai ini.

7. Melihat Dari Dekat Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Lewat Candi Jabung

Selain menawarkan wisata alam, Probolinggo juga mempunyai situs peninggalan kerajaan Majapahit yg masih berdiri kokoh dalam wujud Candi Jabung. Candi Jabung menjadi bukti kejayaan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, letaknya berada pada Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Jaraknya hanya 25 km menurut sentra kota dan bisa dijangkau hanya pada ketika kurang menurut satu jam saja.

Instagram

Candi Jabung berbeda menggunakan candi-candi lain pada Indonesia yg dibangun menggunakan struktur batu yg kokoh. Candi ini tersusun atas batu bata merah, tetapi uniknya ia tetap kokoh sampai kini . Kondisinya masih sangat baik dan terawat. Tidak ada salahnya kamu datang ke sana sekalian mengenang masa kejayaan kerajaan yg mempunyai daerah kekuasaan yg sangat luas di zaman dahulu.

8. Ada Danau Ranu Segaran yg Menyegarkan Mata

Probolinggo memiliki danau kawah yang cantik bernama Danau Ranu Segaran. Yap, kabarnya dahulu danau ini merupakan bekas kawah gunung berapi yg terisi oleh air hujan sehingga terbentuklah sebuah danau. Lokasinya berada pada Desa Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Dari sentra kota, tempat danau ini sanggup ditempuh selama 30 mnt bepergian.

Instagram

Keindahan panorama hijau dan pegunungan menjadi suguhan pemandangan yg menyegarkan selama berada pada danau ini. Air danau juga begitu jernih menggunakan suasana lebih kurang yg masih asri. Tempat ini cocok menjadi destinasi relaksasi dan menepi berdasarkan hingar bingar kehidupan kota.

9. Merecharge Energi Dengan Berendam di Air Panas Desa Tiris

Setelah puas melihat pemandangan yang segar-segar di Danau Ranu Segaran, kamu bisa melanjutkan ke pemandian air panas Tiris buat mengecas ulang energimu. Lokasinya nir jauh menurut danau, hanya terpisah jarak sejauh 200 meter yang bisa engkau capai cukup dengan jalan kaki.

source]
Sumber air panas pada kolam pemandian Tiris ini berasal berdasarkan dalam bumi sehingga mengandung belerang menggunakan bau yg menyengat. Tapi misalnya air panas lain yang mengandung sulfur, mempunyai khasiat yang menyehatkan sekaligus sanggup buat mengobati penyakit kulit.

10. Sempatkan Untuk Mampir ke Taman Wisata Studi Lingkungan, Kebun Binatangnya Probolinggo

pemkot Probolinggo menyediakan pula sarana wisata sekaligus belajar menggunakan membuka Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL). Secara resmi obyek wisata edukasi berbasis alam ini diresmikan walikota Probolinggo pada tahun 2006 silam. Didalamnya masih ada 20 jenis pohon dan poly satwa yg membuatnya dijuluki menjadi kebun binatang mininya Probolinggo.

source]
Selain melihat aneka satwa langka, traveler yg berkunjung di sana jua bisa melakukan aktivitas seru lainnya. Pihak pengelola menyediakan beragam fasilitas antara lain taman bermain, areal berkemah, teater kecil & sarana lainnya. Pada dasarnya taman ini dibangun sebagai alternatif liburan bagi anak-anak dan orang tua yang mencari obyek wisata nyaman sekaligus bisa sembari belajar.

Itulah destinasi-destinasi menarik yg dapat engkau singgahi selama berplesiran di Probolinggo. Selain daftar di atas masih poly tempat menarik lainnya yang ada di sana yg belum disebutkan Travelingyuk. Kamu bisa turut berbagi dengan mengisi kolom komentar.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter